Rabu, 06 Februari 2013

Kandungan Gizi Ayam Kampung di Bebek Belah Dua

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas daging, diantara_a :
  • Umur hewan ternak. Semakin tua umur ternak yang dipotong, kualitas daging_a semakin rendah. Demikian juga bila ternak yang dipotong terlalu muda. Karena daging muda masih lembek dan umum_a berbau amis (anyir)
  • Makanan yang diberikan.
Kandungan protein didalam daging ayam cukup tinggi. Untuk itu dianjurkan kepada anak2 (terutama anak2 berusia dibawah 6 tahun) diberi makanan yang berasal dari daging, terutama untuk merangsang pertumbuhan mental dan fisik.
Adapun kandungan atau zat gizi yang terdapat didalam daging ayam sebagai berikut :
  •  Air
Air adalah bagian terbesar dari daging. Kandungan air pada daging ayam muda sekitar 70%, sedangkan pada daging ayam tua sekitar 60%.
  •  Protein
Daging ayam adalah sumber protein yang cukup baik. Setiap 100 gr daging ayam kampong mengandung protein sekitar 18,1%. Selain itu daging ayam juga mudah diserap oleh usus.
  • Lemak 
Tidak seperti ayam ras yang kandungan lemak_a 15,06%, kandungan lemak ayam kampung justru lebih rendah yakni 12%. Lemak pada ayam menyebar dibawah kulit, hanya sedikit yang berada di dalam daging. Oleh karena itu kandungan lemakpada daging unggas lebih rendah disbanding dengan kandungan lemak pada ternak ruminansia. Kandungan lemak ayam dewasa lebih tinggi dari pada ayam muda. Demikian juga ayam betina, kandungan lemak_a lebih tinggi dari pada ayam jantan.
  • Vitamin
Daging ayam adalah sumber vitamin B (B1, B2, niasin, asam pantotenat, B6, folasin, dan B12). Vitamin B akan keluar dari daging jika daging ayam direbus.
  • Mineral
Pigmen yang membuat daging ayam berwarna merah mengandung zat besi (Fe) yang mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh manusia. Selain zat besi, daging ayam juga banyak mengandung phosphor dan kalium. Zat mineral lain yang dikandung_a adalah kalsium (K), magnesium (Mg), natrium (Na), seng(zn), kuprum (Cu), dan mangan (Mn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar